Pelepasan PAUD Kangot Sajal, Peserta Didik Sudah Siap Melanjutkan Pendidikan SD

0
1 views
Pelepasan PAUD Kangot Sajal, Peserta Didik Sudah Siap Melanjutkan Pendidikan SD

BengkayangNews.com – Pelepasan Siswa-siswi Kelompok Bermain (KB) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kangot Sajal Desa Bana Kecamatan Teriak Kab.Bengkayang dilaksanakan pada hari Jumat, (30/6/ 2023).

Dalam Acara ini dihadiri Plt.Kepala Desa Bana Sekaligus Sekretaris Desa dan Perangkat Desa Bana, Ketua BPD, Kasi Kesejahteraan dan Pelayanan Desa, Kepala Sekolah/Pengelola PAUD, 3 Tutor PAUD Krisnayati, Atik Rosdiana Elen dan Orang Tua Murid serta ada 8 Siswa siswi  yang hadir dalam acara pelepasan Tahun Ajaran 2022/2023 serta  siap melanjutkan pendidikan dasar (SD).

Dalam kesempatan ini Kepala sekolah PAUD Kantor Sajal Benediktus Heriko mengatakan

“PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan, sebagai bentuk bantuan bagi pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Tujuan utamanya adalah untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang Meningkatkan Minat dan Bakat sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang matang sehingga dapat optimal di dalam memasuki pendidikan dasar (SD), serta mengarungi kehidupan setelah dewasa kelak” Tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan Benediktus Heriko, S. Pd Pengelola/Kepala Sekolah dalam kegiatan proses Belajar Mengajar bukan kecerdasan saja tetapi seluruh kecakapan hidup Dapat Mengenal Huruf, Angka serta dapat Mengenal Lingkungan Sekitarnya. Dalam kaitan ini, peran keluarga dan satuan pendidikan penyelenggara PAUD menjadi sangat penting. Apalagi tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia terkait potensi tumbuh-kembang anak yang masih cukup berat.

Benediktus Heriko, S. Pd Pengelola/Kepala Sekolah Juga menambahkan bahwa usia PAUD adalah usia bermain sehingga praktik baik tentu adalah pendidikan anak usia dini yang memfasilitasi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang melalui bermain dan memperhatikan secara holistik integratif.

“Tidak hanya stimulasi masalah pendidikannya saja tetapi juga aspek-aspek lain yang terkait dengan kesehatan, pengasuhan, perawatan anak dan sebagainya sehingga anak bisa tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas, ceria serta berakhlak mulia,” terangnya.

Tidak lupa Benediktus Heriko juga menanggapi keluhan para orang tua siswa terkait dengan biaya Pelepasan / Wisuda Anak didik pada jenjang PAUD, TK, SD, SMP dan SMA sebagai pengelola dirinya terlebih dahulu melakukan kesepakatan dengan orang tua siswa.

“Kalau di tempat kami, beberapa bulan sebelum pelepasan Siswa-siswi kami terlebih dahulu melakukan komunikasi dengan para orang tua untuk sepakat menentukan biaya dalam kegiatan pelepasan siswa/Wisuda dan dalam kesepakatan dapat lah angka sesuai kebutuhan seperti berikut ini :

150 Persiswa, sewa baju 1 hari 40.000, Kalung Piagam+Sertifikat 20.000, Nasi Kotak 2+Agua 40.000, Cuci Foto 3 lembar 30.000, beli buku hadiah dan Aksesoris 20.000 jadi pas total 150.000 keluahan tidak ada asalkan terbuka kegunaan untuk kegiatan tersebut dengan Rinciannya.”Tutup Heriko Kepala PAUD Kantor Sajal

Plt. Kepala Desa Bana Sekaligus Sekretaris Desa Jojon.K, Dalam Sambuatannya menyampaikan

“Sebagai bentuk Program Desa yang cerdas kini 4 angkatan saat ini komitment Pemerintah Desa memberikan perhatian penuh dan kebijakan pelayanan dasar PAUD untuk anak usia 4,5 sampai dengan 6 tahun yang wajib dipenuhi dan didukung oleh pemerintah desa Bana Kecamatan Teriak Kabupaten Bengkayang. Selain itu kami juga mendukung Lembaga PAUD ini untuk pengembangan dan publikasi praktik baik terkait implementasi PAUD dan Pendidikan Keluarga. Akan tetapi menurut saya yang paling penting sekarang adalah perhatian pada gurunya. Guru adalah tiang pendidikan. Kalau kita tidak memberi perhatian kepada guru dan murid maka hasilnya tidak Maksimal”.

Dalam Acara ini juga disampaikan oleh Ketua BPD Desa Bana Hendro, bagi orang tua yang ada di Desa kita ini jangan takut dan ragu menitip anak – anak ya masuk PAUD karena ini adalah bekal bagi generasi Anak-anak.

“Tapi kalau ditanamkan sejak dini, maka akan membuat dia lebih kreatif, inovatif, dan kecemasan terhadap hasil. kedepannya juga Kita akan membuka Pendidikan PAUD di Dusun Tapang ditahun ini, pertama perekrutan tutornya dan calon murid” Tutup Jojon Plt. Kepala Desa Bana. (Rd)

Penulis: Latip Ibrahim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini