24 C
West Kalimantan
Sabtu, 24 Februari 2024

Polres Bengkayang Resmikan 53 Polisi RW

BengkayangNews.com – Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar menggelar apel dalam rangka Launching Pembentukan Polisi RW Polres Bengkayang di Halaman Mapolres Bengkayang, Senin (19/6/23) pagi.

Pelaksanaan apel dipimpin langsung oleh Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K., M.M., M.H. dan diikuti PJU Polres Bengkayang, Personel Polres Bengkayang serta Personel Polisi RW yang telah ditunjuk.

Baca Juga : Meriahkan HUT Bhayangkara ke-77, Polres Bengkayang Gelar Aneka Lomba dan Kegiatan Sosial

Dalam sambutannya, Kapolres mengatakan bahwa Polisi RW ini merupakan Program Kapolri yang tentunya bisa mendekatkan Polri dengan masyarakat dalam menjaga kamtibmas dengan berbasis kewilayahan.

“Polisi RW ini sangatlah bagus, namun harus jelas kegiatannya. Ia harus rajin keliling lingkungan secara rutin, mengenal warga dan mengidentifikasi masalah,” ujar Kapolres.

Lebih lanjut dikatakannya, Polisi RW ini kiranya dapat meniru seperti di negara Jepang yakni Koban yang tugasnya keliling lingkungan secara rutin mengenal setiap warga dan aktivitasnya.

“Jadi kalau ada orang asing, akan segera tahu apalagi kalau orang asing itu membawa harta milik warga. Contohnya sepeda milik warga dibawa orang asing, Polisi RW bisa menghentikan dan menanyakan alasan membawa sepeda tersebut,” pungkas Kapolres.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa tujuan pembentukan Polisi RW yaitu guna penyelesaian permasalahan dengan cepat dan mencegah terbentuknya potensi kejahatan, sehingga seluruh faktor-faktor terbukanya ruang gangguan kamtibmas bisa dihilangkan.

“Untuk Polisi RW di Polres Bengkayang ini, ada 53 Personel yang ditunjuk terdiri dari 52 Polki dan 1 Polwan. Adapun kegiatan Polisi RW ini akan dilaporkan melalui aplikasi “Ada Polisi” sehingga dapat menjadi bahan analisa Kasatker dan Kasatwil,” jelasnya.

Terakhir Kapolres berharap setelah terbentuknya Polisi RW, apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab polisi RW itu sendiri dapat dilaksanakan dengan baik sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh setiap masyarakat dan kondusifitas kamtibmas dapat terwujud.

Dalam kesempatan apel tersebut juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada TIM Bola Voli Polres Bengkayang yang telah mengikuti turnamen Kapolda Cup dalam memeriahkan Hari Bhayangkara ke-77 Tahun 2023. (Rd)

Sumber : Humas Polres Bengkayang
Reporter : Latip Ibrahim

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Prakiraan Cuaca

Pontianak
overcast clouds
25 ° C
25 °
25 °
100 %
0.5kmh
100 %
Jum
25 °
Sab
30 °
Ming
31 °
Sen
30 °
Sel
28 °

Latest Articles