Kapolres Bengkayang Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna Kapuas Tahap II Tahun 2023

0
0 views
Kapolres Bengkayang Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna Kapuas Tahap II Tahun 2023

BengkayangNews.com – Kepala Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K., M.M., M.H., memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Bina Karuna Kapuas Tahap II Tahun 2023 di Halaman Mapolres Bengkayang, Kamis (15/6/23) pagi.

Apel tersebut diikuti oleh Ketua DPRD Kab. Bengkayang, Ketua Pengadilan Negeri Bengkayang, Kepala Kejaksaan Negeri Bengkayang, Dandim 1202 Singkawang, Danlanud Harry Hadisoemantri, Danki C 645 GTY serta personelnya, Danki B Yon Zipur serta personelnya, Danramil Bengkayang serta personelnya, Pju Polres Bengkayang, Kapolsek Jajaran, Personel Polres Bengkayang, Anggota BPBD, Satpol PP, Manggala Agni dan Anggota Damkar BPKS serta Damkar Mandiri Bengkayang.

Baca Juga :
Satgas TPPO Polres Bengkayang Berhasil Gagalkan Pengiriman PMI Ilegal di Jagoi Babang

Dalam amanat Kapolda Kalbar, Kapolres Bengkayang menyampaikan bahwa apel ini merupakan sarana pengecekan kesiapan dalam rangka pelaksanaan Operasi Bina Karuna Kapuas Tahap II tentang pencegahan dan penegakkan hukum terhadap kebakaran hutan dan lahan yang terjadi diwilayah Kalimantan Barat.

“Operasi ini akan berlangsung selama 21 hari, dimulai tanggal 15 Juni hingga 5 Juli dengan melibatkan personel Polres Bengkayang sebanyak 43 orang,” terang Kapolres.

Kapolres juga menjelaskan bahwa permasalahan karhutla perlu menjadi perhatian bersama, sebab karhutla memiliki dampak buruk bagi kesehatan, kerusakan ekosistem, dan berpengaruh terhadap perekonomian negara.

“Disisi lain, karhutla juga memiliki implikasi dalam menurunkan kredibilitas pemerintah. Asap lintas batas akibat karhutla dapat berpotensi merenggangkan hubungan bilateral Indonesia dengan negara tetangga,” jelasnya.

Untuk diketahui, sesuai prediksi BMKG, bahwa Indonesia diperkirakan memasuki musim El-Nino. Adapun dampak dari El-Nino tersebut dapat mengurangi curah hujan yang tentunya dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Baca Juga :
Kapolres Bengkayang Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Asrama di Polsek Jagoi Babang

“Mengenai hal tersebut, sebagai wujud Polri hadir ditengah masyarakat, kami akan terus berkontribusi dalam melakukan pengendalian karhutla, yaitu dengan pencegahan, penanggulangan dan pemulihan, seperti pada kali ini Polri melaksanakan Operasi Bina Karuna,” lanjut Kapolres.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga berharap kepada personel yang terlibat operasi agar menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan dapat menjalin kolaborasi antar satgas, instansi, mangala agni serta pihak terkait lainnya.

“Berikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait karhutla khususnya perusahaan dan masyarakat dilokasi rawan kebakaran. Lakukan monitoring lokasi hotspot, verifikasi eskalasi kebakaran dan segera padamkan api sehingga kebakaran tidak semakin meluas serta lakukan penegakan hukum guna memberikan efek jera kepada pelaku,” sampai Kapolres.

Sumber : Humas Polres Bengkayang
Reporter : Latip

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini