BREAKING NEWS! Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Kapuas Hulu Kalbar

0
52

Jakarta, BengkayangNews.com – Masyarakat kabupaten Kapuas Hulu sempat di buat panik dengan Gempa tektonik magnitudo 4,3 yang terjadi sekitar pukul 18.50 Wib Senin (25/3/2023).

Kepala Stasiun Geofisika Manado Tony Agus Wijaya mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.14 LU dan 113.0 BT, atau tepatnya berlokasi 34 km Barat Laut Kapuas Hulu, Kalbar.

“(Gempa) dengan kedalaman 10 kilometer,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin malam.

BACA JUGA : Warga Bengkayang Heboh Merasakan Getaran Gempa Bumi

Tony menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kapuas Hulu, getaran dirasakan nyata dalam rumah,” kata dia.

Smentara itu Tony minta masyarakat tetap tenang, lanjut Tony hingga Senin (25/3/2024) malam pukul 19.22 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat di wilayah Kapuas Hulu dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata dia.

Selain itu, Tony berharap masyarakat memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Sementara itu ketua Satgas BPBD Kalbar Daniel Sinyor mengatakan belum ada laporan khusus terkait kerusakan dan korban hingga berita ini diturunkan.

“Belum ada laporannya” ucap Daniel di pesan singkat yang diterima Bengkayang News. (Rd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini