Bimtek Pemantapan Optimalisasi Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi SISKEUDES Online

0
0 views

Pontianak, BengkayangNews.com – Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis S.E., M.M. membuka kegiatan Bimtek Pemantapan Optimalisasi Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi SISKEUDES Online v.2.0.6 rilis bagi Aparatur Pemerintah Desa Se-Kabupaten Bengkayang yang bertempat di Hotel Ibis Pontianak, Senin, 18 Maret 2024.

Kegiatan Bimbingan teknis ini dilaksanakan oleh Dinas pemberdayaan Pemerintah Desa (PMD) Kabupaten Bengkayang dan diikuti oleh Operator Siskeudes dan Sipades serta Aparatur Pemerintah Desa Se-Kabupaten Bengkayang selama 4 hari dari tanggal 18-21 Maret 2024 dengan total peserta bimtek 182 orang dari 122 Desa Se-Kabupaten Bengkayang.

Pada kesempatan menyampaikan sambutan Bupati Bengkayang menegaskan kepada peserta bimtek agar mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya sehinga bisa dipahami dan diterapkan di tempat kerja desanya masing-masing.

“Saya tegaskan bahwa pengelolaan keuangan dan aset desa dilaksanakan dalam satu tahun anggaran terhitung dari 1 Januari sampai dengan 31 Desember tahun berkenaan, maka dari itu dalam tahapan pengelolaan keuangan desa tahun anggaran 2024 harus dilaksanakan tepat waktu, jangan terlambat pada setiap tahapan karena dapat berpengaruh dalam penyampaian laporan konsolidasi realisasi APBDesa yang akan disampaikan ke Kemendagri, dimana laporan konsolidasi realisasi APBDes merupakan laporan realisasi 122 Desa selama satu tahun anggaran yang menjadi salah satu indikator penilaian dalam pembagian pagu dana desa.” Tegas Bupati Bengkayang.

BACA JUGA : Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis Lantik Riyanto Sebagai PJ Desa Sango

Kabupaten Bengkayang telah menerapkan aplikasi SISKEUDES sejak tahun 2018, namun masih berbasis offline. Pada tahun 2023 Pemerintah Desa di Kabupaten Bengkayang telah bermigrasi dan efektif menggunakan sistem keuangan desa (SISKEUDES) secara online di 122 desa. Dengan diadakannya Bimbingan Teknis ini dimaksudkan agar semua Aparatur Desa lebih memahami dan optimal dalam pengelolaan keuangan Desa berbasis aplikasi Siskeudes online V.2.0.6 menuju Pemerintahan Desa yang bersih dan Transparan. (Diskominfo Bengkayang/FM – Dok. Prokopim Kab. Bengkayang)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini