Fridolinus Peno Putra Bengkayang Satu-satunya Orang Dayak Menjadi Akuntan Publik di Kalimantan Barat

0
63 views

Jakarta, BengkayangNews.com – Menjadi seorang akuntan publik mungkin suatu karier yang langka bagi kebanyakan orang. Apalagi di kalangan putra putri Dayak.

Namun itu bukan suatu hal yang mustahil bagi Frido. Ia justru melejitkan dengan karier nya yang sekarang sebagai akuntan publik.

Tak main-main, gelar mentereng yang di semat kepada pria Kelahiran Sujah 45 tahun silam ini membuat bangga keluarga nya dan sekaligus orang Dayak.

Fridolinus Peno SE., Ak., M.Ak., CA., CPA., ASEAN CPA, itulah gelar serta sertifikat profesi keahlian mentereng pada dirinya, dialah Putra asli Bengkayang Kalbar menjadi satu-satunya orang Dayak Kalbar menjadi akuntan publik.

BACA JUGA : Surat Terbuka Untuk Presiden Joko Widodo dari Tito Fratno Masyarakat Ketungau Hulu Kalimantan Barat

Terakhir ia mendapatkan gelar dari ASEAN Chartered Professional Accountant Coordinating Committee (ACPACC) 2019.

Dengan gelar yang dimilikinya ini tidaklah membuat dirinya tinggi hati atau sombong, justru ia berharap putra putri Dayak bisa unggul dengan SDM dan membuktikan orang Dayak bisa lebih maju juga.

“Walaupun dengan gelar yang ada tidak semata-mata saya sombong, kita beri motivasi kepada putra putri orang kita Dayak supaya kita juga lebih maju bisa bersaing dengan yang lain” kata Frido.

Dikatakan Frido, saat di tanya wartawan untuk saat ini mungkin belum ada akuntan publik orang Dayak di Kalimantan Barat, bahkan mungkin hanya dirinya lah yang menjabat sebagai profesi tersebut.

“Untuk saat ini walaupun belum ada, kitalah satu-satunya, bahkan Dayak satu-satunya di kalbar” ucap Frido melalui sambungan telpon.

Untuk diketahui, Akuntan Publik adalah seseorang yang telah memperoleh izin dari Menteri Keuangan untuk memberikan jasa sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik.  Akuntan Publik memberikan jasa asurans, yang meliputi: jasa audit atas informasi keuangan historis.

Akuntan adalah gelar profesional bagi orang-orang yang sudah berhasil lulus Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).

Bidang pekerjaan ini digeluti orang-orang dengan kompetensi dan keahlian di bidang Akuntansi

Akuntan Publik ini menawarkan jasa audit laporan keuangan, pemeriksaan laporan keuangan prospektif, pemeriksaan atas pelaporan informasi keuangan proforma, ulasan laporan keuangan, serta jasa lainnya yang berhubungan dengan akuntansi, manajemen keuangan, perpajakan, dan lainnya.

Lalu siapa Fridolinus Fridolinus Peno

Bernama lengkap Fridolinus Peno, SE., M.Ak., Ak., CA., CPA., Tempat/Tanggal Lahir Sujah, Kabupaten Bengkayang 3 Juli 1979. Nama Isteri Atyk Sudariyanti, SE., M.Ak., Ak., CA. Dari pernikahannya mereka di karunia 4 anak, yakni: Monika Andreana Sari Banua, Putra Sulu Satria Banua, Putra Tuah Satria Banua, Juses Dakataru Satria Banua.

Frido kuliahn S1 Ekonomi Akuntansi Universitas Tanjungpura Tamat Tahun 2003. Menyelesaikan Pendidikan S2 Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Tanjungpura Tamat Tahun 2017. Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) Universitas Tanjungpura Tamat Tahun 2010.

Pendidikan Non Formal

Pelatihan, PPL dan Lokakarya.

Sertifikat Profesi/Keahlian

  1. Chartered Accountant Nomor 11.D50377 – Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Jakarta, 2 Agustus 2013.
  2. Sertifikat Pemeriksa Keuangan Negara Nomor 635/DPK/KAP/JKT/09/2013.
  3. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPKRI) Jakarta, 18 November 2013.
  4. Register Negara Akuntan Nomor 10118 – Menteri Keuangan Republik Indonesia Jakarta, 15 September 2015
  5. Certified Profesional Auditor of Indonesia – Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) Jakarta, 15 Juni 2016
  6. Izin Akuntan Berpraktik Nomor AB.118 – Menteri Keuangan Republik Indonesia Jakarta, 2 Februari 2018
  7. Associate Certified Public Accountant Nomor CA-000578 – Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) Jakarta, 13 September 2018.
  8. Certified Public Accountant of Indonesia Nomor K-000286 – Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) Jakarta, 20 September 2018.
  9. Asean Chartered Professional Accountant Nomor ID.0003629 – ASEAN Chartered Professional Accountants Coordinating Comittee (ACPACC) Jakarta, 30 September 2019.

Pekerjaan :

  1. Pimpinan Kantor Akuntan Publik Fridolinus Peno – Pontianak
  2. Managing Partner Kantor Jasa Akuntan Frido’s Accounting Services & Taxation;
  3. Akuntan Profesional;
  4. Auditor.  

Pengalaman Organisasi :

  1. Seretaris IAI Wilayah Kalimantan Barat
  2. Wakil Ketua Bidang Ekonomi, SDA dan Lingkungan Ikatan Cendekiawan Dayak Nasional (ICDN).
  3. Wakil Bendahara MADN;
  4. Ketua Ikatan Alumni Magister Akuntansi Universitas Tanjungpura
  5. Anggota Bidang Otonomi Daerah ISEI Kalbar. (Rd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini