Presiden Joko Widodo Resmikan Bandara Singkawang, Gelontor Dana Rp 272 Miliar

0
68

Singkawang, BengkayangNews.com – Presiden Joko Widodo meresmikan Bandar Udara (Bandara) Singkawang pada Rabu (20/3/2024).

Bandara tersebut dibangun dengan skema KPBU (kerja sama pemerintah dan badan usaha) dan juga bantuan CSR dari para pengusaha sukses asal Singkawang.

Peresmian Bandara Singkawang pada Rabu juga dihadiri oleh pengusaha properti Sugianto Kusuma atau Aguan. Kehadiran Aguan diketahui saat Presiden Jokowi menyapa para tamu yang hadir. Selain Aguan, para pengusaha lainnya yang juga berasal dari Singkawang ikut hadir di peresmian. Kemudian, hadir pula Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

BACA JUGA : Menhub Sebut Progres Pembangunan Bandara Singkawang capai 95 persen

“Pada pagi hari ini saya resmikan Bandar Udara Singkawang di Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat,” ujar Jokowi dilansir siaran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu.

“Bandara Singkawang ini dibangun dengan skema KPBU (kerja sama pemerintah dan badan usaha) dan juga bantuan CSR dari para pengusaha sukses asal Singkawang,” terang Jokowi.

Presiden menjelaskan, berdasarkan penjelasan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pemerintah menggelontorkan Rp 272 miliar untuk pembangunan Bandara Singkawang. Sementara itu, pihak pengusaha memberikan sekitar Rp 155 miliar sehingga total anggaran dari pemerintah dan pengusaha untuk pembangunan Bandara Singkawang sebesar Rp 427 miliar.

BACA JUGA : Bimtek Pemantapan Optimalisasi Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi SISKEUDES Online

“Saya sampaikan terima kasih, karena kalau pola ini bisa dilakukan di banyak bandara, banyak proyek, dan banyak pelabuhan. ini akan percepat pembangunan infrastruktur yang berada di Tanah Air kita,” kata Jokowi.

“Artinya, orang yang berasal dari kota itu, dari kabupaten itu, dari provinsi itu juga ikut berpartisipasi terhadap daerahnya masing-masing. Sekali lagi, untuk para pengusaha sekali lagi saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya,” tegasnya.

Lanjut Presiden, Bandara Singkawang dibangun sejak 2019 dengan panjang runway 2.000 meter dan terminalnya dibangun seluas 8.000 meter persegi. Dengan adanya bandara baru ini, Presiden berharap bisa mempercepat mobilitas orang, barang, dan logistik dari dan ke Singkawang sehingga akan muncul titik-titik ekonomi baru di Singkawang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini