Pemuda Dayak Bengkayang Gelar FGD Jelang Pemilu Serentak Tahun 2024

0
0 views

BengkayangNews.com – Pemuda Dayak Kabupaten Bengkayang menggelar Forum Group Discusion (FGD) Selasa (30/1/2024) di Ramin Bantang Kota Bengkayang.

FGD yang di gelar Pemuda Dayak kali ini bertema “Peran Pemuda Dalam Pesta Demokrasi Pemilu Tahun 2024” dengan narasumber Anggota Komisioner KPU Kabupaten Bengkayang Musa Jairani, Komisioner Bawaslu Kabupaten Bengkayang Magrina dan Sekretaris DAD Kabupaten Bengkayang Fabianus Are Adji.

BACA JUGA : Polri Peduli, Kapolres Bengkayang Berikan Bansos Kepada Korban Kebakaran Rumah

Ketua Pemuda Dayak Kab. Bengkayang Ryan Agus Jasmanto mengatakan ,”Tahun 2024 adalah tahun pesta demokrasi yang sangat menentukan keberlangsungan pembangunan secara nyata. Pemuda Dayak Kabupaten Bengkayang sebagai organisasi kepemudaan mengambil bagian sebagai penyambung peran Pemerintah dan sebagai motor penggerak pembangunan yang berkesinambungan.

Diharapkan melalui FGD ini Pemuda Dayak berperan aktif sebagai langkah kecil dikalangan milenial yang menjadi partisipan dalam perhelatan pesta demokrasi, Pemuda Dayak berupaya untuk mengumpulkan semangat dan perspektif baru tentang Demokrasi di Indonesia.

Di selenggarakannya FGD ini bermaksud untuk menggali informasi penting tentang perhelatan Pesta Demokrasi di Indonesia, mewujudkan hasil demokrasi yang bermartabat dan berwibawa dalam mensukseskan perhelatan pesta demokrasi serta menjaga kemurnian nilai-nilai kearifan budaya bangsa sebagai filterisasi dari pengaruh negatif budaya luar terutama dalam kelompok millenial di setiap sub suku bangsa dan bernegara yang tetap menjunjung tinggi dasar negara Pancasila dan UUD 1945.

Ketua Pemuda Dayak Bengkayang ini berpesan, setelah kegiatan ini diharapkan pemuda dapat menjaga persatuan kesatuan bangsa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia terkhusus bagi Pemerintahan Kabupaten Bengkayang demi mewujudkan pesta demokrasi yang jujur, adil, bermartabat dan berkualitas.

BACA JUGA : Polres Bengkayang Kalbar cek Gudang Logistik KPU

Komisioner KPU Kab. Bengkayang Musa Jairani mengatakan,”Saat ini 14 hari menjelang Pemilu 2024, diharapkan peran pemuda dalam pelaksanaan Pemilu 2024 dapat mensukseskan dengan ikut berpartisipasi serta mengajak para milenial yang telah memiliki hak suara untuk datang ke TPS sehingga partisipasi pemilih di Kab. Bengkayang meningkat.

Untuk di ketahui bahwa Daftar Pemilih Tetap atau DPT Kab. Bengkayang pada Pemilu 2024 sebanyak 206.526 pemilih terdiri dari 107.104 laki-laki dan 99.422 perempuan, yang tersebar di 17 Kecamatan, 124 Kel/Desa dan 916 TPS.

Ia mengingatkan bahwa peran pemuda cerdas pada Pemilu 2024 sangat diharapkan yaitu untuk melakukan cek data diri di DPT online, Cek data calon yang akan di pilih, Identifikasi visi misi calon, Meminimalisir kecurangan Pemilu, Menggunakan hak pilih dengan benar, Sebagai penyelenggara Pemilu tidak menyebarkan berita hoaks, tidak menjadi pemicu konflik serta Ikut memotivasi masyarakat untuk menggunakan hak pilih dengan benar.

Sementara itu Komisioner Bawaslu Kabupaten Bengkayang Magrina mengatakan,”Pemilihan umum (Pemilu) merupakan sarana kedaulatan rakyat untuk memilih anggota DPR, anggota DPD, Presiden dan Wakil Presiden, dan anggota DPRD yang dilaksanakan secara langsung umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang akan diselenggarakan secara serentak pada Rabu 14 Februari 2024.

BACA JUGA : Kurang Dari 1×24 Jam, Polres Bengkayang Berhasil Ungkap Kasus Curanmor

Pemilu tanpa pengawasan akan menimbulkan beberapa permasalahan diantaranya hilangnya hak pilih, politik uang, terjadinya manipulasi suara, konflik pendukung Paslon, Pemungutan Suara Ulang, Pemilu tidak sesuai aturan dan timbul gugatan hasil serta biaya politik mahal.

Oleh karena itu seluruh partisipan diharapkan untuk melakukan pengecekan bersama DPT online untuk memastikan terdapat di DPT sebagai pemilih.

Jadi mari bersama-sama menolak money politik dan melakukan edukasi tolak money politik mulai dari keluarga terdekat hingga masyarakat umum.

Senada disampaikan Sekretaris DAD Kabupaten Bengkayang Fabianus Are Adji, Ia mengatakan Pemilu merupakan pesta demokrasi yang berarti pesta dari rakyat dan untuk rakyat.

Dalam hal ini peran Pemuda penting karena merupakan ujung tombak kesuksesan Pemilu 2024, maka jadikan momen ini sebagai pemilih Pemilu yang berintegritas,’ pungkasnya. (Lt/Rd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini