Mengenal Lebih Dekat Permasis, Perkumpulan Kaum Urban Tionghoa Asal Singkawang (Singbebas) Di Jakarta

0
0 views
Mengenal Lebih Dekat Permasis, Perkumpulan Kaum Urban Tionghoa Asal Singkawang (Singbebas) Di Jakarta

Jakarta, Bengkayangnews.com – Mengenal Lebih Dekat Permasis, Perkumpulan Kaum Urban Tionghoa Asal Singkawang (Singbebas) Di Jakarta

Jakarta, detikborneo.com -Bagi warga Tionghoa yang perantau asal Singkawang pasti tidak asing lagi akan nama PERMASIS (Perkumpulan Masyarakat Singkawang & Sekitarnya/Singbebas) yang masih eksis hingga sekarang sejak didirikan pada tanggal 8 April 2006 di Jakarta.

Organisasi kemasyarakatan yang beralamat di Komplek Season City Blok B no 1-5 Tambora Jakarta Barat, tidak diragukan lagi pasti berasaskan Pancasila, UUD 1945 dan setia kepada NKRI, secara resmi didirikan dan berbadan hukum resmi oleh prakarsa para tokoh Tionghoa suku Hakka/ Keek yang tentunya mereka masih rindu dan cinta kampung halamannya.

Gelombang migrasi suku Tionghoa asal Singkawang sejak kemerdekaan RI dan tahun 1968 hingga sekarang ke Jakarta dan sekitarnya mungkin terbesar dibandingkan kota-kota lain di Kalimantan Barat.

Untuk itu sesama warga yang seperantauan di ibukota Jakarta untuk saling peduli dengan sesama terutama peduli masalah sosial dan budaya yang sesuai dengan Visi PERMASIS (Perkumpulan Masyarakat Singkawang dan Sekitarnya) yakni: Meningkatkan kesejahteraan sosial, seni budaya, ekonomi, pendidikan dan kemanusiaan bagi masyarakat Singkawang dan sekitarnya baik di daerah maupun di perantauan dimanapun mereka berada dalam rangka mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk itu para tokoh masyarakat Singkawang dan sekitarnya merasa terpanggil untuk mengkoordinasikan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut dalam suatu wadah organisasi. Maka terbentuklah organisasi kemasyarakatan PERMASIS.

Poto: Perayaan Tahun Baru Imlek 2019 di kemayoran Jakarta Internasional Exspo
Poto: Perayaan Tahun Baru Imlek 2019 di kemayoran Jakarta Internasional Exspo

PERMASIS, sebagaimana tertulis dalam Anggaran Dasar, bersifat mandiri, terbuka, demokratis dan bebas, tidak bertalian dengan organisasi politik manapun. Dengan kata lain PERMASIS tidak berpolitik.

Masa awal berdirinya Ketua Umum periode pertama dijabat oleh Ni Xiu Long, periode ke-2 dijabat oleh Lio Kurniawan, ketua umum periode ke 3 dan ke 4 dijabat oleh Janto Tjahjadin, ketua umum periode ke 5 dijabat oleh Fuidy Luckman, dan sampai saat ini di periode ke 6 dijabat oleh Lay Khian Sen atau Lay Iriawanto.

Sampai saat ini PERMASIS tetap konsisten terus untuk melaksanakan visi dan misi yang sudah disepakati bersama sejak awal didirikannya organisasi sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

Patut di ancungkan jempol dan terima kasih banyak kepada tokoh-tokoh Permasis yang selalu aktif dan peduli dalam masalah sosial yang terjadi disekitar bahkan sampai keluar turut terlibat langsung ucap Lay Iriawanto.

Mohon doanya Semoga kedepannya PERMASIS semakin jaya dan kompak selalu untuk warga Singkawang dan Indonesia dan tak lupa juga dimomen hari raya Imlek tahun 2023 ini Lay Khian Sen ucapkan: ” Selamat Hari Raya Imlek Tahun 2023/ 2574 (Tahun Lunar) Kepada semua warga Permasis dan warga Tionghoa Indonesia yang merayakan, Gong Xi Fa Chai, tutupnya. (BJ007/Rd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini