Rektor ITL Trisakti Resmi Dilantik : Berbagai Tantangan Baru Siap Dihadapi

0
1 views

Jakarta, BengkayangNews.com – Bertempat di Auditorium Institut Transportasi dan Logistik Trisakti atau ITL Trisakti,Senin (19/6/2023) dilaksanakan pelantikan Dr. Yuliantini, AMTrU., MM.,sebagai Rektor baru untuk ITL Trisakti menggantikan Dr. Ir. Tjuk Sukardiman, M.Si.

Pelantikan tersebut dilakukan oleh Prof. Ainun Na’im, selaku Ketua Pengurus Yayasan Trisakti, dan disaksikan oleh Dr. Muhammad Dimyati selaku Sekretaris Pengurus Yayasan Trisakti dan Dr. Lukman Effendi selaku Bendahara Pengurus Yayasan Trisakti.

Turut hadir juga Ketua Dewan Pengawas Yayasan Trisakti Imam Bastari, perwakilan undangan dari LLDikti Wil.3 yang diwakili oleh Noviyanto, M.Si,pimpinan satuan pendidikan atau Satdik, yaitu : Rektor Universitas Trisakti (USAKTI), Rektor Institut Pariwisata Trisakti (IPT), Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Trisakti, Ketua Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi (STMA).

Trisakti dan Ketua Sekolah Tinggi Media Komunikasi (STIMKOM) Trisakti. Selain itu undangan juga dihadiri oleh para sivitas akademika (dosen dan mahasiswa), tenaga kependidikan-karyawan, alumni AAUN/STMT/ITL Trisakti, serta para mitra kerja ITL Trisakti dari unsur pemerintahan dan swasta.

“Perlu diketahui bahwa ciri khas penting dari suatu organisasi yg baik dan maju adalah dengan mengadakan regenerasi,” ujar Prof. Ainun Na’im, “namun dalam hal ini, regenerasi dalam penetapan rector itu bukan hanya satu-satunya cara untuk bisa mengembangkan institusi saja. Perlu komitmen terhadap pakta integritas, serta target – target kinerja merupakan aspek penting yang perlu kita perhatikan. Khususnya taget kita untuk fokus memberikan layanan, pendidikan, dan bekal yang baik terhadap mahasiswa”.

“Lalu, penting untuk diingat bahwa Indonesia memiliki bonus demografi. Oleh karena itu, tentu kami berharap agar bonus demografi ini tidak hanya sekedar bonus. Kami berharap agar keadaan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dan kita mampu memberikan kontribusi yang signifikan untuk perkembangan bangsa dan negara,” tambah Prof. Ainun.

Seorang Rektor, tambah Prof.Ainun, tidak dapat berdiri sendiri dalam menjalankan tugasnya. Rektor harus mampu menyampaikan pentingnya kerja sama antara semua unsur dalam Yayasan dan sivitas akademika untuk mengembangkan Institut Transportasi dan Logistik menjadi lebih maju.

“Perlu diperhatikan pula bahwa Rektor tentunya tidak bisa berdiri sendiri. Semua pihak yang terlibat, termasuk Yayasan, dosen, staf administrasi, mahasiswa, dan seluruh anggota komunitas akademik, perlu bersatu dan bekerja sama dalam upaya mencapai visi dan misi institut. Hanya dengan kolaborasi yang baik dan saling mendukung, institut dapat mencapai kemajuan dan prestasi yang signifikan,” tutup Prof. Ainun.

“Saya memberikan apresiasi terhadap dedikasi dan kesiapan komunitas ITL Trisakti dalam menghadapi perubahan dan tantangan. Hal ini tentunya merupakan modal penting untuk persiapan dan konduktivitas kearah yang lebih baik.

Selanjutnya saya juga berharap agar para mahasiswa saat ini lebih aktif dalam mencari bekal ilmu pengetahuan dan skill. Saya juga ingin mendorong agar para mahasiswa lebih giat dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, karena itu merupakan modal penting dalam menghadapi dunia kerja yang terus berkembang”

Di tempat terpisah, Rektor Trisakti sebelumnya Dr.Tjuk Sukardiman menyampaikan ucapan selamat kepada Rektor baru Dr. Yuliantini, dan berharap dapat terus meningkatkan kualitas ITL Trisakti lebih baik lagi.

“Saya mengucapkan selamat bertugas kepada Dr.Yuliantini sebagai Rektor, melalui beliau diharapkan ITL Trisakti dapat terus meningkatkan mutu pendidikannya dalam semua aspek Tridharma, khususnya pada bidang ilmu transportasi dan logistik sesuai visi menjadi the world class and entrepreneurship university yang mengutamakan kolaborasi pentahelix dari seluruh pemangku kepentingan,”ucap Tjuk Sukardiman.

Ditemui pasca pelantikan, Dr. Yuliantini selaku Rektor ITL Trisakti, menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan Yayasan Trisakti serta semua pihak dalam acara pelantikan ini yang semata-mata tujuannya adalah untuk memajukan ITL Trisakti.

“Saya berharap kepada seluruh keluarga besar ITL Trisakti untuk bersatu dalam mengelola almamater yang telah mendidik kita semua, serta menjaga reputasi nama baik Trisakti untuk kepentingan bersama dan bukan untuk kepentingan sesaat maupun sekelompok orang yang justru akan menjadi bumerang bagi diri kita sendiri,” imbuh Yuliantini.

“Atas nama lembaga maupun pribadi saya ucapkan terima kasih kepada Rektor sebelumnya yaitu Bapak Dr.Tjuk Sukardiman yang telah mengembangkan institusi ini dari berbentuk Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi (STMT) Trisakti menjadi Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti sebagai perguruan tinggi transportasi dan logistik yang lengkap dan terintegrasi,” ungkap Yuliantini.

“Kita terus bekerja keras untuk mengembangkan ITL Trisakti. selama sembilan tahun terakhir telah melakukan pengembangan dosen ke jenjang doktoral, pengembangan mahasiswa globalisasi dengan program sekitar 1.000 mahasiswa dalam bentuk Internasional Student Mobility Program, Kredit Transfer, Double Degree, maupun pengembangan kelembagaan program studi, fasilitas pendidikan khususnya laboratorium Teknik,” ujar Yuliantini.

Berikut adalah program utama yang dicanangkan oleh Rektor ITL Trisakti Dr. Yuliantini yaitu

mendukung visi dan misi ITL Trisakti menuju World Class and Entrepreneurship University melalui program peningkatan kualitas Tridharma Pendidikan, melalui :

I. Peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran :

1. Kualitas civitas akademika ; peningkatan JJA (Jenjang Jabatan Akademik) dosen.

2. Kualitas mahasiswa dari berbagai bentuk kegiatan akademik dan ilmiah, serta mendukung

keterlibatan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) di berbagai aspek yang relevan.

3. Kualitas kurikulum pembelajaran.

4. Akreditasi program studi dan institusi pada tingkat nasional dan internasional.

5. Kualitas tenaga kependidikan sesuai dengan kompetensi dan kebutuhan.

II. Peningkatan kualitas penelitian :

1. Jumlah publikasi dan citasi di jurnal bereputasi nasional dan internasional.

2. Kualitas kegiatan penelitian dan mendapatkan hibah dari berbagai sumber.

III. Peningkatan kualitas pengabdian kepada masyarakat :

1. Peran civitas dalam kegiatan PKM (Pengabdian kepada Masyarakat) sebagai bentuk

implementasi hasil penelitian dan kajian ilmiah lainnya.

2. Kualitas kegiatan PKM dan mendapatkan hibah dari berbagai sumber.

IV. Peningkatan fasilitas, kolaborasi dan daya serap lulusan:

1. Membangun dan melengkapi fasilitas – fasilitas kampus baik fasilitas pendidikan maupun

fasilitas layanan lainnya yang modern dengan cara bekerjasama dengan para mitra strategis.

2. Mendukung terciptanya kolaborasi dan kerja sama yang sehat dan saling menguntungkan

dengan berbagai pihak industri, pemerintah, luar negeri dan turut mendorong peran alumni ITL

Trisakti untuk membangun almamater tercinta.

3. Membuka peluang kerja bagi para lulusan ITL Trisakti agar dapat diserap di industri kerja mapun

di sektor pemerintahan.

Sejak berdirinya tahun 2018, ITL Trisakti sudah memiliki program studi : Doktor Ilmu Manajemen,

Magister Manajemen Transportasi, Sarjana Manajemen (dengan konsentrasi Manajemen Transportasi

Udara, Manajemen Transportasi Darat, Manajemen Perkeretaapian, Manajemen Transportasi Laut, dan

Manajemen Logistik), Sarjana Sistim Transportasi, Sarjana Sistem Logistik (pada Fakultas Sistem

Transportasi & Logistik), Sarjana Teknik Dirgantara dengan konsentrasi Kebandarudaraan, Sarjana Teknik Kelautan dengan konsentrasi Kepelabuhanan, Sarjana Rekayasa Infrastruktur dengan konsentrasi Perkeretaapian, serta pendidikan vokasi Diploma 3 Manajemen Transportasi, dengan jurusan : Manajemen Transportasi Udara, Manajemen Transportasi Laut, dan Manajemen Logistik Material.

Sumber : Humas ITL Trisakti
Reporter : Latip Ibrahim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini