Gawai Dayak Banyadu Maka Ka’ Pongkot di Agendakan Sebagai Event Budaya di Tetapkan Setiap 5 April

0
0 views

BengkayangNews.com – Amkhan, S.Pd. Ketua Panitia Gawai Dayak Banyadu Maka Ka Pongkot, ke 01, Bengkayang, 2023 dalam laporan nya Amkhan, S.Pd. Mengatakan bahwa acara ‘Maka, Ka Pongkot’ adalah salah satu Budaya Adat Dayak Banyadu, yang telah lama hilangkan atau di lupakan oleh masyarakat Dayak Banyadu, akibat pengaruh moderenisasi, hingga Dayak Banyadu tidak lagi ingat dengan Asat dan Budayanya Sendiri.

Sementara Saudara – saudara kami sub Suku Dayak yang lainya masih memelihara dan melestarikan Adat dan Budayanya, seperti : Naik Dango, di Samalantan, Nyobeng di Sebujit, Gawea Soa Jagoi Babang, Barape Sawa di Kota Bengkayang, Ngaratek di Lumar, Nyabakng di Kecamatan Tujuh belas, Maka Deo di Sungai Betung.
Kata Amkhan, S.Pd.

Amkhan juga mengatakan Maka, Ka Pongkot ke 1 Dayak Banyadu hari ini adalah, Merevitalisasi kembali Adat Budaya Dayak Banyadu yang telah lama tidak di laksanakan, kata Amkhan. Kegiatan Gawai Dayak Banyadu, Maka, Ka Pongkot untuk mengingatkan kembali kepada generasi muda, agar generasi mudalah yang bisa meneruskan kembali Adat Dan Budayanya kata Amkhan. 10 : 00. Wib.

Bupati Kabupaten Bengkayang, Sebastianus Darwis, S.E.,M.M. Dalam kata sambutannya mengatakan. Maka, Ka Pongkot merupakan hidup nyata Adat Budaya Dayak Banyadu. Jangan sampai orang Dayak Banyadu tidak peduli dengan Adat Budayanya sendiri dan tidak terorganisir. Apa bila seseorang sudah lupa dengan Adat dan Budayanya, maka hilang jugalah jati diri dan identitas nya, Kata Sebastianus Darwis, S.E., M.M.

Maka, Ka Pongkot merupakan Acara ucapan syukur kepada Tuhan, atau kepada nyubata, atas hasil panen yang melimpah.Dalam
Acara Maka, Ka Pongkot hari ini Rabu 05 April 2023 kita juga telah meresmikan Ramin Banuan. Ramin Banuan ini harus kita jaga, hutan dan lingkungan yang ada di sekeliling Ramin Bantuan ini harus di jaga, di lestarikan. Agenda Maka, Ka Pongkot adalah agenda baru yang di Agendakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang. Acara Maka, Ka Pongkot. Gawai Dayak Banyadu Tanggal 05 April. Dan untuk Acara Perayaan Maka, Ka Pongkot Tahun 2024 mendatang juga harus Tanggal 05 April. Kita Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis, S.E., M.M.


Setelah menyampaikankan kata sambutannya. Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis, S.E., M.M. langsung membuka Acara, Maka, Ka Pongkot. Gawai Dayak Banyadu ke 01, dengan memukul gong sebanyak Tujuh kali, sebagai tanda telah di buka Acara Maka, Ka Pongkot.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini